Sabtu, 24 Agustus 2013

Kanigoro Expo 2013

Posted by Unknown On 08.59 No comments

Kabupaten Gunungkidul merupakan daerah yang wajib untuk dijelajahi, terutama wisata pantainya yang terkenal dengan pasir putihnya. Selain pasir putih, banyak tebing - tebing di tepi pantai yang menambah ke eksotisan alam di Gunungkidul. Salahsatu pantai yang menarik di Gunungkidul adalah Pantai Ngobaran yang di atas tebingnya didirikan sebuah pura. Keberadaan pura di pantai tersebut dapat menimbulkan kesan seperti berada di Pulau Dewata, padahal itu masih berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.
 

Mungkin masih ada sebagaian orang yang belum tahu keberadaan pura di Pantai Ngobaran tersebut, banyak cara yang dilakukan untuk memberitahukannya ke masyarakat luas. Kebetulan pada Bulan Juli - Agustus 2013 ada salah satu kelompok KKN-PPM UGM yang di tugaskan di daerah Pantai Ngobaran tepatnya di Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Sebagai tanda perpisahan dengan warga setempat, dibuatlah sebuah acara yang bernama Kanigoro Expo 2013 yang di adakan di Pantai Ngobaran. Karena mendapat info ada beberapa kesenian tradisional yang ditampilkan disana, membuat saya tertarik untuk mengunjunginya.

Adapun kesenian tradisional yang di tampilkan di dalam Kanigoro Expo 2013 adalah tari praon yang ditarikan oleh 5 orang anak, tarian tersebut menceritakan tentang hasil laut yang melimpah, tempat pariwisata, kesejahteraan masyarakat yang semua itu merupakan angugrah Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian ada juga tarian cublak - cublak suweng, jathilan anak, dan reog.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search