Kamis, 22 Agustus 2013

Candi Borobudur merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang terletak di Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur dibangun di atas sebuah bukit, ada yang mengatakan dahulu bukit tersebut di kelilingi oleh danau walaupun kurang jelas kapan terakhir kalinya danau tersebut masih menjadi danau.

Landscape sekitar Candi Borobudur sangatlah menarik untuk di eksplor melalui fotografi, di sebelah Selatan sampai Barat Candi Borobudur terdapat Bukit Menoreh yang di ibaratkan sebagai Budha yang sedang tidur sambil mengamati Candi Borobudur. Di sisi Utara terdapat Gunung Sumbing, dan di sisi Timur Laut terdapat Gunung Andong, Telomoyo, Merbabu, Merapi.

Potensi - potensi alam di sekitar Candi Borobudur sangatlah sayang jika dilewatkan begitu saja, dengan ke kreatifan manusia masa kini, banyak wisata sunrise yang dapat di temui di sekitar Candi Borobudur, ada yang gratisan, ada yang murah meriah, bahkan ada yang harus sampai merogoh kocek dalam - dalam.


Salah satu wisata sunrise Candi Borobudur yang murah meriah adalah wisata Nirwana Sunrise Punthuk Stumbu. Hanya dengan uang Rp. 15.000, 00 dan tracking ringan selama 10 menit, pengunjung sudah dapat menikmati pemandangan yang super luar biasa. Teapat di arah Timur pengunjung di suguhkan Candi Borobudur dan Bukit Dagi di Utaranya, Gunung Merapai, Merbabu, Andong juga tidak luput dari pendangan mata, bahkan kaki Bukit Menoreh juga dapat terlihat.

Semua hal tersebut dapat dinikmati ketika cuaca benar - benar cerah, tetapi jika matahari pagi tertutup mendung jangan berkecil hati kemudian pulang karena terkadang muncul juga ROL. Dalam dunia fotografi ROL (Ray of Light) merupakan sebutan dari cahaya yang seakan turun dari langit seperti garis - garis yang turun dari Surga.

Rute : pertigaan ojek Borobudur ke Selatan - perempatan Masjid (perempatan ke dua) ambil Kanan - ikuti jalan utama sampai bertemu pertigaan ke kanan (jalan naik dan cor block) - ikuti cor block.
Biaya : retribusi Rp. 15.000,00 / orang, parkir Rp. 2.000,00 / kendaraan.
Fasilitas : minuman hangat (kopi / teh) 1 gelas / orang, gardu pandang, toilet di tempat sunrise,  tempat parkir.

Tips khusus : ada baiknya pukul 04.00 WIB sudah sampai, karena biasanya ada lampu yang menyorot ke Candi Borobudur, gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak membuat terpeleset.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search