Jumat, 30 Agustus 2013

Sekilas Tentang Candi Prambanan

Posted by Unknown On 15.11 No comments

Sebuah bangunan dari tumpukan batu andesit yang memiliki tinggi + 45 meter, terletak di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah merupkan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang dibangun pada abad 9 adalah Candi Prambanan namanya. Sebuah Candi Hindu yang sekarang menjadi warisan dunia. Tahap pembangunan Candi Prambanan di temukan dalam sebuah prasasti, yaitu Prasati Siwagrha.


Candi yang tinggi dan memiliki komplek luas ini terdiri dari 3 buah candi utama, 3 candi wahana, 2 candi apit, 4 candi kelir, 4 candi patok, dan 224 candi perwara yang mengelilingi candi utama di luar pagar 1. Hal menarik lainnya, di dalam kompleks Candi Prambanan juga terdapat 3 buah candi lainnya yaitu Candi Lumbung Prambanan, Candi Bubrah, dan Candi Sewu.

Sebenarnya banyak sekali hal - hal menarik yang dapat di ceritakan dari candi ini, mulai dari arsitektur, ragam hias, pementasan ramayana yang mengambil cerita relief ramayana di candi dan masih banyak lainnya yang sangatlah panjang bila diceritakan satu per satu.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search