Selasa, 03 September 2013


Sebuah kegiatan yang selalu ada ketika seseorang menginjak pendidikan yang lebih tinggi adalah ospek. Kegiatan ospek terkadang dipandang orang kurang baik karena setiap mendengar kata ospek selalu diidentikkan dengan perploncoan. Hal tersebut sangatlah berbeda dengan kegiatan ospek yang dilakukan untuk mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada tahun 2013. Kegiatan ospek untuk mahasiswa baru UGM diberinama nama PPSMB (Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru) yang dilakukan sejak tanggal 2 September sampai tanggal 3 September 2013.


Pada tanggal 3  September, seluruh mahasiswa baru yang berjumlah kurang lebih sepuluh ribu maba akan melakukan freeze mob dan membentuk Bendera Merah Putih yang terbentang Utara - Selatan sepanjang Jalan Kaliurang yang membelah UGM. Agar warna Merah Putihnya lebih terlihat, para maba mengenakan caping dan kaos warna merah ataupun putih. Maba yang mengenakan kaos dan caping warna merah berada di sisi Barat Jalan Kaliurang, sedangkan maba yang mengenakan kaos dan caping warna putih berada di sisi Timur Jalan Kaliurang.


Selain mengenakan kaos dan caping berwarna merah ataupun putih, setiap maba juga harus membawa sebuah poster yang berisi pesan positif.


Setelah seluruh maba menempatkan diri di trotoar, para maba di minta untuk duduk. Ketika terdengar suara sirine, beberapa maba yang membuat poster dengan satu kelompok warna yang sama disuruh menunjukkan posternya kepada masyarakat yang lewat Jakal dengan cara berdiri dan freeze secara bergantian setiap kelompok warna poster.


Tetapi tidak jarang juga ada maba yang tidak kuat untuk mengikuti kegiatan tersebut, mungkin karena cuacanya yang terkadang panas.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search