Rabu, 11 September 2013

Sekilas tentang Kawasan Kotagede

Posted by Unknown On 16.02 No comments


Kotagede. Siapa yang tidak tahu Kotagede? Hmmm...sebuah kawasan wisata yang terkenal dengan kerajinan peraknya. Selain terkenal dengan kerajinan perak, Kotagede juga menjadi saksi beridirinya Kerajaan Mataram Islam yang sampai sekarang masih memiliki sisa Kedaton, Masjid, Makam, Benteng, Jagang, Alun - Alun dan komponen sebuah kerajaan Islam lainnya.


Menurut saya Kotagede merupakan sebuah kawasan yang menarik karena wilayahnya terdiri dari Kota Jogja dan Kabupaten Bantul. Kelurahan Prenggan dan Kelurahan Purbayan Masuk dalam wilayah Kota Jogja sedangkan Desa Jagalan masuk ke dalam wilayah Kabupaten Bantul. Hal ini merupakan sebuah peristiwa yang menarik, karena semangat persatuan warga Kotagede yang tidak dapat dipisahkan oleh wilayah tetap ada.


Selain terkenal dengan kerajinan perak dan bekas Kerajaan Mataram Islam, di Kotagede juga terdapat sargede atau Pasar Kotage yang memiliki pasaran Legi, rumah - rumah kuno, Between Two Gates, Rumah Joglo, Langgar Dhuwur, makanan tradisional, dan masih banyak lainnya. Event budaya yang di selenggarakan di Kotagede juga sangat menarik, ada event tahunan Nawu Sendang dan juga ada Kirab Budaya Kotagede yang semuanya diselenggarakan setiap tahunnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search