Jumat, 08 November 2013

Jamasan Pusaka Suroloyo

Posted by Unknown On 21.17 No comments

Tanggal 1 Suro merupakan tahun baru dalam penanggalan kalender Jawa, banyak orang yang memperingati malam tanggal 1 ataupun pas tanggal 1 nya dengan tradisinya masing - masing. Sebagaian besar orang - orang memperingatinya dengan melakukan penjamasan atau pembersihan terhadap pusaka yang sudah diwariskan dari leluhurnya atau orang yang berperan penting dalam kehidupannya.


Di Puncak Suroloyo yang berada di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo memiliki pusaka yang merupakan pemberian dari Sri Sultan HB IX  sebagai penada kalau Suroloyo merupakan Sultan Ground. Pusaka tersebut adalah Tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Kyai Makuta Dewo. Kedua pusaka tersebut selalu dijamas di Sendang Widodaren setiap tanggal 1 Suro agar masyarakat Suroloyo menjadi ayem tentrem.


Prosesi dimulai sejak malam 1 Suro dengan kenduri dan tirakatan, kemudian pagi harinya pusaka tersebut di arak dari patung semar menuju sendang. Banyak masyarakat yang antusia untuk menyaksikan penjamasan pusaka ini dan ingin berebut air bekas penjamasan. Setelah penjamasan selesai, acara ditutup dengan pertunjukan jathilan di dekat Puncak Suroloyo.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search