Senin, 16 Desember 2013

Candi Barong

Posted by Unknown On 06.18 No comments

Candi Barong merupakan sebuah candi yang terletak di perbukitan batur agung, tepatnya berada di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman yang berjarak tempuh kira - kira 25 km dari Kota Jogja. Candi ini diperkirakan dibangun sekitar abad 9 Masehi dan merupakan Candi dari agama Hindu.

 
Candi ini memiliki keunikan dengan memiliki dua buah bangunan utama tanpa ruang dengan empat buah relung pada sisi - sisinya. Selain itu, kedua bangunan utama tersebut juga menyatu dengan sebuah altar yang sama. Kedua bangunan utama tersebut posisinya juga tidak simetris, yang satu berada hampir di tengah yang satu berada di banagaian Selatan altar. hampir lurus dengan bangunan utama yang tengah terdapat portal candi yang menghadap ke arah Barat dan terdapat tangga di bawahnya.

 
Karena keletakan Candi Barong yang berada diatas bukit batur agung bagaian Barat, maka pemandangan yang disuguhkan juga menawan. Kota Jogja dapat dilihat dari tempat ini.

Rute menuju tempat ini cukup mudah diingat, dari timur pasar prambanan atau gapura batas provinsi tinggal ke Selatan terus arah goa Ratu Boko, di pertigaan goa Ratu Boko ambil ke arah kiri. Candi ini belum ditarik retribusi masuk maupun tempat parkir, pengunjung tinggal mengisi buku tamu saja. Jadi cukup menarik jika ingin menambah ilmu tentang sejarah di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search