Rabu, 22 Januari 2014


Ketika mendengar nama peta hijau, yang pertamakali terlintas di pikiran adalah sebuah peta yang berisikan kawasan hijau, taman dan sejenisnya yang berhubungan tentang tanaman. Ternyata, peta hujau atau green maps bukanlah peta yang memuat hal itu saja, tetapi peta hijau hanyalah sebuah sebutan untuk peta yang dibuat khusus untuk memetakan objek yang pembuat peta inginkan ada didalam peta tersebut. Misalnya peta sebaran candi, peta sebaran masjid, peta sebaran kuliner dengan tampilan peta yang menarik ketika dipandang dan petanya tidak kaku. Tidak kaku dalam hal ini seperti peta - peta formal Rupa Bumi, dalam peta hijau atribut - atriobut peta dapat digambarkan dalam ilustrasi sepertu kartun. Di dalam peta hijau juga dapat ditambahkan element - element yang dapat mendukung fungsi peta tersebut, misalnya foto, diskripsi sebuah tempat, dan ilustrasi objek pemetaan.

 
Pada awal Bulan Januari 2014 ini, komunitas pecinta budaya Kota Toea Magelang kembali mengadakan acara rutin komunitas yang pada Bulan Januari ini adalah pembuatan peta hijau Magelang dengan pemateri Elanto Wijoyono dari Peta hijau Yogyakarta. Karena komunitas Kota Toea Magelang merupakan sebuah komunitas yang berbasis budaya otomatis pembuatan peta hijau akan berbasis pada buadaya juga yaitu bangunan kolonial yang berada di kota Magelang. Setalah diberi penjelasan oleh Mas Elanto mengenai cara pembuatan peta hijau, para peserta dibagi kelompok untuk langsung mempraktikannya di lapangan.

 
Karena lokasi workshop berada di Bakorwil 2 Magelang / Musium Pangeran Diponegoro, maka praktik lapangan juga dilakukan tidak jauh dari lokasi itu. Ada empat kelompok yang mengikuti kegiatan ini, semuanya bekerja dalam tim, ada yang mencatat nama objek, ada yang menggambar, ada yang mendokumentasi.

Setelah praktik lapangan selesai, sekarang saatnya penggambaran peta hijau. Objek yang sekiranya dianggap mempunyai nilai penting atau menjadi landmark dalam suatu jalan dapat juga dibuat ilustrasinya sehingga orang yang melihat peta hijau dapat langsung tahu itu didaerah mana. Tetapi ada juga simbol - simbol yang dapat dipergunakan untuk memberi informasi objek tersebut, misalnya bangunan pemerintah, sekolah, tempat ibadah, dll. Simbol - simbol tersebut juga memeiliki beberapa versi dengan versi yang semakin muda semakin lengkap simbolnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search