Sabtu, 08 Maret 2014


Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Selain wisata air dan goa yang cukup terkenal, di Gunungkidul juga terdapat wisata pegunungan yang dahulunya merupakan gunung api purba. Namanya Gunung Api Purba (GAP) Nglanggeran yang berada di Pathuk. Admin mengenal tempat wisata ini sudah sejak tahun 2010, awalnya di Nglanggeran belum serai sekarang ini. Tetapi sekarang Nglanggeran sudah ramai sekali dan semakin banyak objek - objek lain yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Sekitar tahun 2012 Nglanggeran sudah mulai memiliki kebun bunga matahari dan tahun 2013 Nglanggeran sudah memiliki embung yang berada di atas bukit. Pada awal tahun ini embung tersebut sudah dipergunakan untuk pesta kembang api menyambut tahun baru 2014.


Retribusi masuk ke embung sangat murah, dengan Rp 3.000,00 sudah bisa menikmati keindahan embung ini sekaligus dapat melihat Kota Jogja di sisi Barat dan Kota Wonosari di sisi Selatan. Kebanyakan orang mengunjungi tempat ini ketika sore sampai senja, tetapi sewaktu pagi hari embung ini juga tidak kalah indah. Sewaktu pagi hari, lampu - lampu kota dan kabut pagi yang makin siang makin pudar menyambut kemunculan matahari.

Burung - burung juga tidak mau kalah dengan kemunculan matahari, sambil terbang rendah diatas embung sesekali juga menyambar air embung walaupun admin tidak melihat kalau ada ikan di embung. Tetapi tidak papa, hal itu malah memperlengkap keindahan pagi hari di embung Nglanggeran.

2 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai berbagai daerah-daerah di indonesia . Inilah cara yang baik untuk menjelajahi tempat yang indah di negara ini.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai explore indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus

Site search