Minggu, 18 Mei 2014

Pengunjung Pertama di Curug Tok

Posted by Unknown On 19.39 2 comments

Landscape berupa perbukitan di daerah Kulonprogo membuat orang penasaran dengan ada apa saja di dalamnya. Berawal ketika admin ke Waduk Sermo dan bertanya tentang air terjun disekitar sana tetapi tidak ada orang yang mengetahuinya. Admin yakin jika di sekitar Waduk Sermo pasti ada air terjun.

Beberapa bulan setelah itu, admin mendapatkan kabar dari teman admin yang bernama Mas Antok (pemilik teraswarta) kalau di dekat rumah mertuanya yang berada di Desa Kalirejo terdapat sebuah air terjun. Akhirnya setelah acara Rasulan Tenongan di Kalibuko admin diajak Mas Antok untuk melihat air terjun tersebut.

Air terjun tersebut terletak sekitar 3 - 4 km sebelum perbatasan Kulonprogo - Purworejo. Akses menju air terjun tersebut dapat ditempuh dari perempatan hutan sermo ambil ke arah Purworejo hingga sampai di Desa Kalirejo. Memnag belum ada plang atau penunjuk jalan ke air terjun, tetapi sekitar 3 km menjelang perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta - Jawa Tengah ada jalan menurun dengan tulisan RT 01 RW 01, disitulah lokasi air terjunnya.


Setelah melewati beberapa pertigaan di jalan corblock, akhirnya sampai juga di rumah mertua Mas Antok. Dari sana kami berjalan kaki sekitar 5 menit untuk menuju air terjun tersebut. Dengan tinggi sekitar 6 meter dan kemiringan sekitar 45 derajat, air terjun tersebut diapit bukit dengan pepohonannya di sebelah kanananya serta jalan yang dibawahnya terdapat perkebunan warga disebelah kirinya. Kebetulan waktu itu debet air terjun sedang kecil dan kami menaiki air terjun tersebut. Sesekali kami berhenti untuk mengambil gambar karena air terjun ini berundak.

Air terjun ini belum memiliki nama dan sungai yang mengaliri air terjun ini juga tidak memiliki nama, dari dulu warga sekitar cuma menyebutnya curug. Pengunjung yang ke tempat ini juga cuma warga sekitar yang yang mencari udang pada malam hari. Pernah ada pengajuan surat ke pemerintah untuk menjadikan curug tersebut menjadi objek wisata tetapi belum ada respon positif, padahal potensinya cukup besar karena letaknya yang cukup dekat dengan Gunung Ijo dan Gunung Kukusan.

Karena curug ini belum memiliki nama, yang memberitahu admin tentang curug ini bernama Mas Antok serta orang sekitar menyebutnya cuma curug, maka biar mudah untuk menyebut tempat ini admin sebut dengan nama Curug Tok. Dan mohon maaf bila ada yang kurang berkenan tentang penyebutan nama curug ini, admin menyebut Curug Tok supaya memudahkan dalam pembuatan posting.

Foto Curug Tok : http://mwinduphotograph.blogspot.com/2014/05/curug-tok.html

2 komentar:

  1. Di musim kemarau kering ya Brow? Berarti ini masuk wilayah Purworejo atau Kulon Progo? Nama kecamatannnya apa e?

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak kering, cuman debitnya mengecil tapi masih tetep ada aliran airnya bro, itu fotonya diambil waktu musim kemarau :)
      masih kulon progo tapi udah deket purworejo
      di segambir, tempatnya agak ndelsep :P

      Hapus

Site search