Kamis, 15 Mei 2014

Perayaan Waisak 2558 di Candi Sewu

Posted by Unknown On 06.28 No comments

Sepanjang poros Kedu - Prambanan memiliki bayak peninggalan dari Masa Klasik, dan di kedua tempat tersebut terdapat dua buah Candi Budha yang besar yaitu Candi Borobudur dan Candi Sewu. Sejak tahun 2000an ke atas, Candi Sewu dipergunakan kembali untuk merayakan Hari Raya Waisak. Awalnya Waisak di Candi Sewu dipergunakan untuk membantu umat Budha yang akan beribadah agar tidak terlalu jauh ke Candi Borobudur. Tetapi pada perayaan Waisak 2558 ini perayaan Waisak di Candi Sewu benar - benar diselenggarakan lebih mandiri dengan adanya pengambilan air suci dari tujuh mata air dan api abadi.

Prosesi dimulai dengan pengambilan air suci di Umbul Jumprit, Candi Umbul, Umbul Pikatan, Umbul Senjoyo, Umbul Jalatundo, Umbul Pengging dan sendang Pitutur. Api Abadi dari Grobogan juga diambil pada Hari Rabu pagi yang pada sore harinya disemayamkan di Candi Lumbung, Prambanan. Setelah itu diadakan prosesi sarana puja dengan membawa air suci dan api abadi tersebut menuju Candi Sewu yang berada di Utara Candi Lumbung dan diiringi oleh kemampuan dan ketrampilan beberapa mahasiswa..


Acara dilanjutkan dengan pembacaan Paritta, Sutra dan Mantra oleh para Sangha di depan altar yang diletakkan di Timur Candi Sewu. Seketika itu juga cuaca perlahan berubah menjadi mendung dan hujanpun datang. Setelah selesai prosesi ketiga tadi, dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit oleh dalang Ki Sadono Hamong Rogo.

Rencana prosesi selanjutnya adalah melakukan pradaksina mengelilingi Candi Sewu dan pemberian air suci. Tetapi karena keadaan yang tidak memunkinkan, ada rencana panitia untuk mentiadakan pradaksina. Karena prosesi pradaksina yang ditunggu - tunggu oleh admin ada kemungkinan batal dilaksanakan, maka admin pindah ke Candi Borobudur. Jika penasaran dengan cerita admin di Candi Bobudur, simak terus blog www.dolan-dolan.net

Foto lainnya : http://mwinduphotograph.blogspot.com/2014/05/waisak-2558-candi-sewu.html

0 komentar:

Posting Komentar

Site search