Rabu, 21 Mei 2014

Secangkir Kopi Aceh

Posted by Unknown On 20.40 4 comments

"Setiap saat
Setiap waktu
Kamu selalu menemani aku
Meskipun hitam tapi banyak yang suka
Bersama teman - teman ku menukmatimu....."
Sebuah kutipan dari lirik lagu tentang kopi yang berjudul Join Coffe yang dinyanyikan oleh Blackout. Selain itu masih ada lagu tentang kopi lain seperti Kopi Hitam yang terkenal dengan aliran dangdutnya. Jika kopi dapat menjadi bahan inspirasi dalam sebuah lagu, tentu saja kopi merupakan minuman yang istimewa dan akrab didalam kehidupan masyarakat.

Berbicara tentang kopi, di Daerah Istimewa Aceh yang terletak diujung Barat Pulau Sumatera merupakan surga untuk para pecinta kopi. Di Aceh ini ada dua jenis kopi yang sangat terkenal yaitu kopi gayo dan kopi ulee kareng. Kebetulan admin berkesempatan menikmati kopi aceh secara langsung di Sigli, Daerah Istimewa Aceh. Admin juga melihat secara langsung bagaimana cara si penjual menyajikan kopi aceh.


Cara pembuatan penyajian kopi aceh ini cukup unik, si penjual kopi menggunakan dua buah teko besar dan sebuah saringan. Kemudian penjual menuang bubuk kopi dan air panas pada sebuah teko lalu menuangnya ke teko satunya dengan melewati saringan. Cara ini dilakukan sebanyak 4 - 5 kali sampai ampas kopi tertahan pada saringan tetapi rasa dan aroma kopi tetap berada pada air kopi.

Cangkir yang dipergunakan untuk penyajian, rata - rata adalah cangkir yang bening dan tanpa telinga cangkir / pegangan. Harga satu cangkir kopi aceh juga sangat murah yaitu Rp. 3.000,00 dan itu sudah standar disemua tempat. Kedai kopi aceh juga tersebar banyak di aceh dan kebanyakan mereka tutup jam 02.00.

4 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai berbagai makanan di indonesia . Inilah cara yang baik untuk mempromosikan makanan yang ada di negara ini.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai explore indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Secangkir kopi Aceh.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetaui lebih jauh mengenai indonesia.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di http://indonesia.gunadarma.ac.id

    BalasHapus

Site search