Sabtu, 31 Mei 2014

Sedekah Candi Gunung Wukir

Posted by Unknown On 08.50 No comments

Satu lagi event budaya yang akan semakin meramaikan event tahunan di Magelang atau tepatnya di Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Magelang. Acara yang sebelumnya sudah berlangsung secara sederhana dengan sebutan ruwahan oleh penduduk Canggal, mulai tahun ini berubah menjadi meriah dengan tambahan pementasan kesenian - kesenian seperti jatilan. Selain itu juga dilakukan sebuah upacara tumpengan di Candi Gunung Wukir atau Candi Canggal yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataran Kuno.

Untuk menuju Candi Gunung Wukir aksesnya cukup mudah, dari perbatasan provinsi Daerah IStimewa Yogyakarta - Jawa Tengah (Kali Krasak) ke utara sampai bertemu simpang tiga yang pertama kemudian ambil kiri. Ikuti jalan utama sekitar 3 kilometer kemudian ambil kanan (ada plang Candi Gunung Wukir di kiri jalan).


Prosesi sedekah Candi Gunung Wukir yang berlangsung pada Hari Kamis, 29 Mei 2014 dimulai pukul 11.30 WIB dengan titik start jembatan yang berada di sebelah Tenggara Gunung Wukir denghan membawa sebuah tumpeng yang diiringi tooh pewayangan serta beberapa orang berpakaian jawa. Rombongan kirab naik ke Gunung Wukir melewati jalur sebelah Selatan.

Setelah sekitar tiga puluh menit berjalan kaki, akhirnya rombongan kirab sudah sampai di Candi Gunung Wukir yang berada dipuncak Gunung Wukir. Prosesi selanjutnya adalah memutari candi induk sebanyak tiga kali dengan cara mengkirikan candi. Kemudian rombongan naik ke candi induk dan baris di Utara yoni. Tumpeng yang tadi dibawa kemudian diletakkan di cerat yoni dan prosesi berakhir.

Sebagai penutup posting kali ini, admin ingatkan kembali ritual yang dilakukan di Candi Gunung Wukir adalah ritual / upacara tambahan yang baru perdana dilakukan sebagai daya tarik. Tetapi acara ruwahan di Canggal sudah dilakukan sejak dahulu tetapi hanya secara kenduri sederhana.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search