Jumat, 13 Juni 2014

Merti Tuk Umbul

Posted by Unknown On 18.29 No comments

Untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan 1435 H, masyarakat Desa Wisata Warungboto mengadakan acara Merti Tuk Umbul. Tuk Umbul sendiri merupakan bangunan peninggalan dari masa Sri Sultan HB II yang sering juga disebut Situs Warungboto. Tahun ini merupakan tahun kedua acara tersebut dilaksanakan dan tahun ini terselenggara atas kerjasama dengan DInas Pariwisata Kota Jogja.


Acara dimulai dengan kirab dari Kelurahan Warungboto menuju situs Tuk Umbul yang berada di seberang jalan sebelah Utara kantor kelurahan. Kirab ini diiringi oleh bregodo yang membawa air suci dan alat ibadah, drumband murid - murid TK Aba Warungboto. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi penuangan air suci dari dua lokasi sumber air yaitu tuk lanang dan tuk wadon yang berada 100 meter di Selatan Tuk Umbul. Kemudian dilanjujtkan dengan tari - tarian dari murid - murid TK Aba Warungoto.

Kemudian acara ditutup dengan pagelaran Sendratari Padusan Tuk Umbul yang dimainkan oleh paguyuban seni Wiromudo Anggoro. Sendratari Padusan sendiri menceritakan tentang mensucikan diri dari hal - hal buruk, salah satunya dengan cara padusan.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search