Rabu, 02 Juli 2014


Tidak terasa ternyata Bulan Suci Ramadhan sudah masuk pada hari kelima dan ada sesuatu yang menarik admin untuk membuat posting tentang dolan - dolan edisi ramadhan. Admin berencana untuk membuat posting tentang ngabuburit di beberapa masjid yang ada hubungannya dengan Kraton NGayogyakarta Hadiningrat karena masjid - masjid itulah yang dapat dijangkau oleh admin, selain itu admin juga berencana untuk membuat posting tentang kuliner di Bulan ramadhan.

Posting dengan judul Ngabuburit di Masjid Mataram Kotagede akan mengawali #dolandolanedisiramadhan kali ini karena menurut sepengetahuan admin Masjid Mataram Kotagede merupakan masjid dari Kerajaan Mataram Islam yang menjadi cikal bakal dari Kraton Ngayogyakarta hadiningrat dan Kasunanan Surakarta sebelum di pecah oleh Belanda melalui Perjanjian Giyanti.


Ngabuburit di Masjid Mataram Kotagede diisi dengan mengikuti buka bersama yang rutin diadakan oleh takmir masjid. Sekitar pukul 16.30 WIB, warga sekitar, orang Jogja bahkan orang dari luar kota mulai berdatangan ke masjid kemudian memadati serambi masjid untuk mengikuti pengajian menjelang berbuka puasa. Diawali dengan pembagian ta'jil oleh panitia kemudian pukul 17.00 WIB pengajian dimulai dengan membaca suart Al - Fatihah. Pengajian pada Hari Rabu, 2 Juli 2014 diisi oleh Drs. H. Kaharuddin Nur yang mengambil tema iklas. Diambilkan sebuah contoh cerita ketika seorang yang amalnya banyak sedang bermimpi sedang diakhirat dan ditanyai oleh malaikat megenai amal ibadahnya. Ketika ditimbang ternyata amal baiknya nol dan amal buruknya banyak, kemudian malaikat diprotes karena amalnya di dunia sudah sangat banyak. Setelah protes ternyata amal baiknya menjadi lebih banyak daripada amal buruknya. Ternyata yang membuat hal ini terjadi adalah sewaktu belum menjadi orang kaya orang ini pernah memberikan sepotong roti untuk keluarganya dengan iklas walaupun orang ini kesusahan dalam mencari pekerjaan dan akhirnya orang ini terbangun dari tidurnya.

Tidak terasa waktu sudha pukul 17.35 WIB dan seluruh jamaah berbuka bersama, maghrib bersama dan pulang kerumah masing - masing. Dan sekian dulu posting perdana #dolandolan edisi Ramadhan, sampai jumpa di posting berikutnya di sub menu : http://www.dolan-dolan.net/search/label/Religi

0 komentar:

Posting Komentar

Site search