Selasa, 16 September 2014



Kali ini admin akan sharing pengalaman admin ketika menemani gobernur KTM (Kota Toea Magelang) mensurvey jalur spoor nonaktif dari Semarang ke Magelang. Survey ini dilakukan untuk persiapan event rutin KTM yang pada Bulan September ini mengambil tema kereta. Survey ini dilakukan dengan naik bus dan berjalan kaki sejauh 15 kilometer.



Diawali dengan naik bus dengan jurusan Jogja – Magelang – Semarang dari Magelang survey ini dimulai. Kurang dari satu jam admin sudah sampai di Stasiun Bedono yang berada tidak jauh dari jalan raya Magelang – Semarang. Keadaan Stasiu Bedono terawatt karena masih dioperasikan untuk wisata dengan kereta uap dari Ambarawake Bedono.


Dari Bedono jalan kaki melewati permukiman yang padat di kanan kirinya, setelah itu barulah melewati perkebunan kopi. Selain itu pemandangan alam yang luar biasa juga menemani sepanjang jalur kereta itu. Bukan Cuma alam yang menghiasi tempat itu, tetapi tinggalan colonial yang mendukung lingkungan sekitar jalur kereta tersebut juga masih dapat dijumpai baik yang berfungsi maupun sudah tidak berfungsi. Perjalanan ini berakhir dipemandian air panas  Candi Umbul yang menjadi salah satu favorit tempat wisata jaman Belanda dahulu.


Tahun lalu KTM juga mengadakan event jelajah jalur kereta dari Stasiun Secang ke Candi Umbul dan jelajah kali ini dapat dikatakan lanjutan jalur jelajah pada tahun lalu. Selain yang sudah disebutkan admin diatas, masih banyak hal – hal menarik lain yang dapat ditemui ketika jelajah spoor Bedono – Candi Umbul tanggal 28 September 2014 besuk. Jadi jangan lupa ikuti event langka ini, rame – rame naik bus Magelang - Semarang, tracking menyusuri jalur kereta, bareng – bareng mandi air hangat di Candi Umbul.

4 komentar:

Site search