Senin, 10 November 2014


Kali ini admin masih membuat posting tentang labuhan, jika kemarin tentang Labuhan Pantai Sadeng yang berada di Gunungkidul, maka sekarang kembali lagi seperti postingan sebelumnya yaitu labuhan di Bantul. Kali ini labuhan yang diadakan rutin oleh yayasan hondodento dan karangtaruna unit Sendangsari, Krebet, Pajangan, Bantul yang sering disebut dengan Labuhan Hondodento. Labuhan hondodento rutin dilakukan pada pertengahan bulan Suro yang pada tahun ini jatuh pada Hari Sabtu, 8 November 2014. Tujuan dilakukannya labuhan ini adalah untuk turut sertanya yayasan hondodento dan karangtaruna unit sendangsari dalam nguri - uri kebudayaan jawa.


Labuhan hondodento diawali dengan persiapan dan pembukaan di pendopo Pantai Parangkusumo yang terletak di Selatan Cepuri Parangkusumo. Kemudian sesaji yang di letakkan pada kotakan yang di balut kain berwarna biru muda di bawa ke tepi pantai, setelah itu barulah diadakan sebuah ritual. Setelah ritual selesai, sesaji tadi dibawa menuju laut Selatan untuk dilarung oleh tim SAR Jogja. Ketika sedang prosesi, ternyata di Pantai Parangkusumo juga sedang ada labuhan dari Surakarta yang ditempatkan pada sebelah Barat tempat prosesi labuhan hondodento dilaksanakan.

Kembali ke labuhan hondodento, tim SAR yang bermodalkan keahlian berenang dan pelangpung membawa sesaji tersebut ke laut dengan cara berenang melawan ombak. Sesaji yang berhasil dibawa ke tengah lautpun kembali terbawa ombak ketepi dan tim SAR membawanya kembali ke tengah laut. Terakhir tim SAR melarung sesaji dengan cara melempa r ke tengah laut. Sempat ada sesaji yang terbuka karena kuatnya hantaman ombak dan sempat menjadi rebutan masyarakat yang menyaksikan dengan ikut serta berenang di laut.


0 komentar:

Posting Komentar

Site search