Kamis, 06 November 2014

Labuhan Minabahari Pantai Depok

Posted by Unknown On 07.45 No comments

Laut Selatan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salahsatu sumber penghidupan bagi orang banyak, baik itu karena alamnya maupun biota lautnya. Salahsatu tempat di pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dan ramai dikunjungi adalah Pantai Depok yang berada di Kabupaten Bantul. Di pantai ini ada sebuah tradisi yang diberi nama labuhan minabahari. Labuhan ini biasanya diadakan pada Bulan Suro dengan cara melarung beberapa hasil bumi.

Pada tahun ini acara tersebut diadakan pada Hari Kamis, 6 November 2014 yang dumulai sejak pukul 14.00 WIB dengan jathilan. Di tempat lain yaitu di depan polair, warga yang hidupnya bergantung pada Pantai Depok mempersipkan kirab yang membawa empat buah gunungan, sebuah sesaji dan sebuah busana jawa yang nantinya akan di larung di pantai selatan.


Setelah semua selesai persipan, pukul 15.00 rombongan kirab berjalan ke selatan menuju bibir Pantai Depok untuk melarung beberapa benda tadi. Diawali dengan permisi oleh jurukunci di tepi pantai, kemudian semuanya dibawa ke tengah laut. Warga yang menyaksikan diperkenankan untuk berebut gunungan yang juga dibawa ke tengah laut, tetapi tentu sudah diatur batasnya agar keamanan tetap terjaga.

Setelah labuhan selesai, masyarakat kembali ke panggung utama untuk menyaksikan jathilan dan mencicipi sego gurih yang dibagikan secara cuma - cuma. Terakhir, labuhan minabahari Pantai Depok di tutup dengan wayangan di parkiran Pantai Depok.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search