Sabtu, 29 November 2014

Saparan Apem Wonolelo

Posted by Unknown On 00.45 1 comment

Bulan Suro sudah selesai kemudian berganti Bulan Sapar yang berisi event - event budaya sangat menarik di dalam lingkup Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Pada Bulan Sapar, terdapat beberapa event Saparan seperti Saparan Apeman Wonolelo, Saparan Bekakak Gamping, Ngguyang Jaran, Rabu Pungkasan lemper raksasa dan tentunya dimulainya pasar malam sekaten di Alun - Alun Utara Jogja. Event budaya yang mengawali bulan sapar adalah Saparan apem Wonolelo yang diadakan di Makam Ki Ageng Wonolelo, Ngemplak, Kabupaten Sleman.

Event ini dimulai dengan diadakannya pasar malam di lapangan wonolelo selama satu minggu sebelum saparan apem diadakan. Kemudian pada Hari Jumat minggu pertama pada Bulan Sapar di pagi hari seluruh warga Wonolelo membuat apem dengan jumlah 50 biji setiap kepala keluarga. Pada siang harinya diadakan kirab budaya dari Masjid wonolelo yang berada di samping bekas kediaman Ki Ageng Wonolelo yang kini sudah berusia 1478 tahun.


Kirab dimulai setelah shalat Asar dan diawali dengan pembukaan dan fragmen kisah Ki Ageng Wonolelo sebagai cikal bakal dan penyebar agama Islam di wonolelo. Sekitar pukul 16.00 WIB kirab dimulai dengan rute yang cukup pendek menuju halam makam Ki Ageng Wonolelo. Ada beberapa benda yang dibawa dalam kirab yang diawali dengan drum band murid - murid SMP yaitu Al - Quran, mustoko masjid, beberapa benda peninggalan Ki Ageng dan tentunya dua buah gunungan apem yang menjadi ciri khas acara ini.

Sampai di halaman makam, benda - benda tersebut di bawa ke komplek makam serta dilakukannya doa untuk Ki Ageng, sedangkan dua buah gunungan apem di bawa ke tengah kerumunan masyarakat kemudian di katrol tengan tali ke atas. Setelah doa selesai, gunungan apem kembali diturunkan daaaaaaaaan menjadi rebutan masyarakat. Setelah apem pada gunungan habis, sekarang giliran 2 ton apem di sebar untuk masyarakat melalui menara penyebaran apem. Banyak masyarakat yang tidak mendapatkan apem tetapi ada juga orang yang mendapatkan belasan apem, semua sudah rejeki masing - masing.


1 komentar:

Site search