Jumat, 26 Desember 2014

Memburu Senja Di Candi Plaosan

Posted by Unknown On 09.54 No comments
Suasana senja di Candi Plaosan

Selain terkenal dengan sebutan Kota Pelajar dan Kota Gudeg, Jogja juga terkenal dengan sebutan seribu candi walaupun banyak candi yang sebenarnya berada di propinsi sebelah yaitu di Jawa Tengah. Misalnya saja candi kembar, Candi Plaosan yang berada di Dusun Bugisan, Klaten, Jawa Tengah ada beberapa orang yang menjelaskan bahwa Candi Plaosan berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu admin memilih Candi Plaosan sebagai salahsatu objek untuk emncari sunset karena dianggap mewakili salahsatu dari ribuan candi yang tersebar di daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah selain itu untuk menegaskan kembali bahwa candi Plaosan itu masuk Jawa Tengah.

the silhouette

Pengelolaan Candi Plaosan berada di bawah BPCB (Balai Pelestari Cagar Budaya) Jawa Tengah yang berada di sebelah Barat candi. Candi ini sebenarnya memiliki area yang sangat luas dengan dibatasi parit keliling, tetapi sampai saat ini belum keseluruhan area candi dapat ditampakkan dan belum semua tanah dapat dibebeaskan. Untuk masuk dan melihat serta memegang batu candi, pengunjung dapat melapor kepada satpam kemudian mengisi buku tamu dan memberi sumbangan sukarela minimal Rp 5.000,00.

Pengunjung menikmati candi dari luar pagar

Karena ukuran candi yang sangat besar maka candi sudah dapat dilihat dari luar pagar dan kejauhan, biasanya ada pengunjung yang memilih nongkrong di luar pagar candi dan itu biasanya anak muda. Selain itu biasa para pemburu sunset plaosan juga memilih dari luar pagar karena bisa mendapatkan dua buah candi secara utuh, jika sedang beruntung juga bisa mendapatkan forground berupa persawahan yang hijau. Jadi ada banyak cara untuk menikmati keindahan arsitektur Candi Plaosan yang besar dan megah.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search