Sabtu, 27 Desember 2014

Kala senja yang hujan

Setelah tiga hari mendapat senja yang lumayan indah di Tamansari, Plaosan dan Glagah akhirnya pemburuan senja pada hari kesepuluh di tanggal 27 Desember 2014 ini kembali mendat senja kelabu. Sejak siang hari Jogja sudah diguyur hujan, maka harapannya adalah mendapat moment ketika blue hour atau ketika langit senja berwana biru. Dan lokasi pemburuan sunset harus diperkotaan karena kemerlap lampu kota diharapkan menjadi forground yang memberikan warna pada hasil foto. Akhirnya titik nol atau nol km Jogja yang menjadi pilihan pada hari ini untuk melakukan pemburuan senja.

Tetap berdagang walaupun hujan

Nol km merupakan tempat nongkrong di pusat kota jogja yang berisi segala usia, dari anak kecil sampai kakek nenek juga ada disini. Berbagai macam juga kegiatan yang dilakukan disini, ada yang foto - foto, berdagang, wisata, tempat ngumpul komunitas dan nongkrong. Tetapi karena sekarang adalah musim hujan maka kegiatan kumpul komunitas dan nongkrong agak sedikit berkurang, yang terlihat hanyalah pedagang yang masih menunggu barang dagangannya habis serta wisatawan yang penasaran dan ingin melihat salahsatu tempat nongkrong yang terkenal di jogja.

Selain berdeketan dengan alun - alun dan kraton yogyakarta yang sekarang sedang ramai dengan sekaten, nol km jogja terletak diujung Selatan Malioboro sehingga akses untuk menuju tempat ini sangatlah mudah. Jika tidak hujan biasanya di nol km ada penyedia jasa teman berfoto yang mengenakan kostum bermacam - macam seperti prajurit, tokoh cartoon yang sedang terkenal (marsha and the bear, hello kitty, dll) dan hantu - hantuan (kuntilanak, pocong, pocong narsis dengan warna - warni pakaiannya).

Semangat wisatawan ketika hujan

Kondisi nol km Jogja memang sedang tidak terlihat ramai walaupun malam minggu. Tetapi para wisatawan tetap bersemangat untuk mengunjungi nol km dan menuju Malioboro. Tak henti - hentinya wisatawan yang lalu lalang membawa payung, penjual jas hujan sekali pakai di nol km juga berkali - kali menawarkan dagangannya kepada para wisatwan. Polisi yang berkewajiban mengatur lalu lintas juga turun ke jalan untuk mengatur padatnya kendaraan luar kota yang melintasi titik nol Jogja. Ya semua tetap berjalan seperti biasanya walapun hujan. Semoga semua yang berperan di nol km tetap menggunakan semangat istimewa. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search