Sabtu, 27 Desember 2014

Blue hour di pemecah ombak Pantai Glagah

Persebaran pantai di sisi Selatan Jogja memang teridir dari dua jenis pasir yaitu pasir hitam dan pasir putih, kebanyakan orang pada tertarik mengunjungi pantai berpasir putih tetapi terkendala jarak yang jauh. Walaupun begitu, di deretan pantai berpasir hitam ada yang tidak kalah menarik dengan pantai berpasir putih yaitu Pantai Glagah Indah yang berada di Kulonprogo. Pantai ini awalnya biasa saja dan tidak ada bedanya dengan pantai lain, tetapi karena adanya pembangunan pelabuhan yang terhenti membuat pantai ini menjadi sedikit berbeda.

Silhouette pengunjung di dermaga pantai glagah

Karena pembangunan yang terhenti sedangkan dermaga pelabuhan yang sudah selesai dibuat hingga menjorok ke tengah laut, menimbulkan efek daya tarik tersendiri. Banyak pemancing yang mempergunakan spot disini karena posisi yang sudah berada di tengah laut. Selain itu banyak pengunjung yang berfoto ria di ujung dermaga sambil merasakan sensasi dentuman ombak yang menghantam pemecah gelombang. Tidak jarang pengunjung yang berada di ujung dermaga basah kuyup karena ombak yang berada di ujung dermaga dapat mencapai 10 meter bahkan lebih.

Mungkin juga dengan alasan ketinggian ombak di dermaga yang mencapai segitu sehingga Pantai Glagah dibatalkan untuk menjadi pelabuhan. Karena sangat membahawakan keadaan kapal yang nantinya akan berlabuh di dermaga. Ujung dermaga juga sudah berkali - kali mengalami perbaikan karena biasanya ujung dermaga akan melesak dan roboh, selain itu juga mengalami kerusakan karena selalu terkena air laut secara langsung.

Selain dermaga, sebenarnya di Pantai Glagah masih ada beberapa objek menarik lain seperti tepian Barat dermaga yang biasanya dipergunakan wisatawan untuk bermain air laut, pantai pasir putih yang merupakan muara berair asin yang dapat dituju menggunakan kapal yang tentunya aman dari ganasnya ombak laut selatan, laguna pantai glagah yang dilengkapi wahana permainan air serta kapal dan yang terakhir kebun buah naga Pantai Glagah. Selain itu di Pantai Glagah juga dipergunakan untuk event tahunan yaitu festival layang - layang nasional.

Ikan yang terbawa ombak

Tetapi pada pemburuan sunset hari kesepuluh atau pada Hari Jumat, 26 Desember 2014 terjadi fenomena aneh di Pantai Glagah. Sekitar pukul 18.00 WIB tiba - tiba ada ombak besar sebanyak empat kali yang seluruhnya selalu membawa ikan sebesar jari telunjuk orang dewasa. Pengunjung yang mengetahuinya asyik menangkap ikan yang berada di atas pasir pantai. Padahal pada siang harinya admin sempat mampir ke Pantai Bugel yang berada di Timur Pantai Glagah dan sempat ngombrol bersama empat orang nelayan yang mengatakan sekarang lagi sepi ikan karena ikannya baru berada di dasar laut semua. Ya semoga saja fenomena ikan yang terbawa ombak itu hanyalah fenomena yang kebetulan dan bukan merupakan pertanda apapun. Amin.


0 komentar:

Posting Komentar

Site search