Kamis, 25 Desember 2014

Memburu Senja Di Tamansari Jogja

Posted by Unknown On 11.33 No comments
Senja cantik di Tamansari Jogja

Masih lanjutan dari posting sebelumnya yang berada di njeron beteng yang artinya di dalam beteng Kraton Yogyakarta Hadiningrat, kali ini dari alkid bergeser ke Barat Laut yaitu di Tamansar. Sebuah taman milik Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kabarnya dahulu merupakan taman yang dikelilingi oleh air. Tamansari memiliki area yang sangat luas dengan fungsinya masing - masing seperti sumur gemuling, pulau cemeti, ada yang berfungsi sebagai tempat pemandian keluarga kerajaan, masjid dan beberapa tempat penting lain.

Senja di Pulau Cemeti

Salah satu spot yang sangat wajib dikunjungi ketika di tamansari adalah di pulau cemeti atau yang akrab dengan sebutan reruntuhan. Dahulu bangunan ini merupakan bangunan yang beratap tetapi atapnya runtuk ketika gempa besar Jogja tahun 1800an. Kemudian sampai sekarang disekitar pulau cemeti masih banyak sisa - sisa reruntuhan sehingga lebih akrab disebut reruntuhan.

Jalan masuk ke tamansari yang mudah diakses ada tiga yaitu dari tiket resmi yang langsung menuju pemandian, dari terowongan dekat tempat parkir motor dan terakhir dari plaza pasar ngasem yang langsung menuju pulau cemeti. Tetapi sebaiknya masuk melalui tiket resmi karena selain dapat dipergunakan untuk menghitung statistik jumlah wisatawan juga kita memberikan dana perawatan untuk melestarikan salahsatu peninggalan bersejarah di negeri ini.

Guide sedang memberikan penjelasan kepada wisatawan

Karena tamansari yang luas dan ada jalan yang harus melewati pemukiman maka di tempat ini juga ada guide lokal yang siap memandu mengelilingi tamansari. Guide ini biasanya tidak mematok biaya minimal untuk sekali pemanduan, guide ini biasanya meminta dana sukarela sebagai ongkos pengetahuan sejarahnya dan ongkos capek menemani berjalan mengelilingi tamansari. Jadi jika ingin mengunjungi tamansari tidak perlu takut tersasar dan tidak memperoleh pengetahuan sejarah tambahan setelah pulang dari tempat ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search