Jumat, 16 Januari 2015

View Bron Canyon

Jika ada orang yang mengatakan Indonesia adalah negara yang kreatif, maka admin sangat menyetujuinya, bagaimana tidak? Di Amerika Serikat terdapat sebuah taman nasional yang terbentuk akibat pengikisan aliran Sungai Colorado sehingga membentuk kenampakan alam yang indah yang lebih akrab disebut Grand Canyon. Tetapi di Indonesia terdapat sebuah tempat penambangan bukit yang difungsikan untuk urug yang lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Brown Canyon. Brown Canyon sendiri terletak di Desa Rowosari, Tembalang, Kabupaten Semarang.

Danau mini bekas penambangan

Brown Canyon di Semarang ini pada awalnya merupakan sebuah bukit, tetapi karena banyaknya pembangunan di Semarang maka bukit tersebut ditambang dan hasil tambangnya dipergunakan untuk tanah urug. Entah faktor kesengajaan atau tidak, tidak semua bukit disini ditambang hingga habis tetapi masih disisakan beberapa bagaian bukit sehingga tersisa bentukan - bentukan bukit yang unik. Dari bentukan - bentukan unik sisa tambang ini menarik perhatian masyarakat untuk mengunjungi tempat ini untuk sekedar berfoto, kemudian mulailah banyak orang luar Semarang yang mengetahui tempat tersebut kemudian mengunjunginya.

Truk penambang

Walaupun semakin lama semakin terkenal, tetapi tempat ini masih berstatus sebagai tempat tambang dan belum menjadi tempat wisata secara resmi. Sehingga banyak pengunjung yang bebas menaruh kendaraannya disembarang tempat. Aktivitas pengunjung di tempat ini masih sebatas berfoto - foto mulai dari foto narsis hingga foto prewedding. Aktivitas pertambangan ditempat ini juga menggunakan dua buah cara, ada yang masih menggunakan cara tradisional dengan alat pemecah batu dan ada yang sudah menggunakan alat modern dengan mesin.

Untuk mengunjungi Brown Canyon dapat melewati Semarang atas kemudian lewat Universitas Diponegoro kemudian ke arah Tembalang. Memang tidak ada papan petunjuk yang mengarahkan ke tempat ini, tetapi GPS (Gunakan Penduduk Setempat) untuk menanyakan lokasi ini sangat berguna atau dengan mengikuti truk penambang pasti akan sampai di Brown Canyon.

Sebuah tips jika akan mengunjungi tempat ini, pergunakankanlah masker dan kacamata karena sepanjang jalan berdebu akibat dilalui truk penambang, kondisi jalan juga bergelombang maka harus selalu lebih berhati - hati dan membatasi kecepatan kendaraan.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search