Kamis, 08 Januari 2015

Dolan Ke Sermo Di Waktu Sore Hari

Posted by Unknown On 07.42 No comments
Suasana senja di Waduk Sermo

Tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta memang tidak ada habisnya, jika satu hari mengunjungi satu tempat wisata rasanya akan membutuhkan waktu lebih dari satu tahun. Variasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta juga sangat beragam, misalnya wisata air saja ada wisata pantai, sungai dan buatan. Wisata air buatan juga beragam, salahsatunya ada wisata air Waduk Sermo yang terletak di Kabupaten Kulonprogo Binangun.

Waduk Sermo di resmikan oleh mantan presiden Soeharto pada tanggal 20 November 1996 dengan tujuan pembuatan bendungan untuk irigasi pada persawahan di daerah Kulonprogo yang sangat luas. Selain itu air dari Waduk Sermo juga dipergunakan untuk PDAM daerah setempat. Pembuatan Waduk Sermo dilakukan dengan penenggelaman sebuah desa yang kemudian seluruh warganya di transmigrasikan ke luar Jawa.

Mencari ikan di Waduk Sermo

Selain untuk irigasi dan PDAM, waduk yang berada di perbukitan menoreh ini juga dipergunakan untuk pariwisata, memang tidak banyak atraksi wisata yang disajikan ditempat ini hanya ada perahu wisata yang dapat dinaiki oleh pengunjung untuk mengelilingi waduk saja. Tetapi disisi lain Waduk Sermo merupakan hiburan tersendiri bagi orang - orang yang betah menunggu. Karena di Waduk Sermo terdapat banyak biota dalam air maka di tempat ini merupakan surga bagi para pemancing, selain itu ada juga nelayan yang mencari ikan di waduk menggunakan jaring dari atas getek / kapal dayung. Selain ada ikan di Waduk Sermo juga terdapat udang yang berukuran besar - besar. Ketika musim panas dan muncul "pulau" di tengah waduk, di tempat itulah biasanya dapat menagkap udang dengan mudah.

Menunggu senja di tepi waduk

Akses ke Waduk Sermo sangatlah mudah dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi. Dari Alun - Alun Wates tinggal lurus ke Barat mengikuti jalan utama, kemudian belok kanan di pertigaan Wates - Sermo - Purworejo, kemudian ambil jalan utama. Jalan menuju waduk berupa jalan menanjak agak berkelak - kelok yang kanan dan kirinya merupakan hutan lindung. Untuk masuk objek wisata ini harus membeli tiket di TPR yang didalamnya juga termasuk asuransi selama berwisata di Waduk Sermo.

Sebuah tips jika ingin mengunjungi Waduk Sermo sebaiknya pada pagi atau sore hari karena pada dua waktu itu biasanya merupakan waktu dimana Waduk Sermo semakin terlihat keindahannya, pada waktu pagi biasanya ada kabut yang berlayer - layer di perbukitan menoreh sedangkan ketika sore warna langit biasanya terlihat keren.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search