Minggu, 11 Januari 2015

Kesiangan Di Puncak Moyeng

Posted by Unknown On 01.16 No comments
Landscape dari Puncak Moyeng

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan sebuah daerah yang memiliki batas wilayah berupa laut selatan di sebelah Selatan dan Gunung Merapi di sebelah Utara, Gunung Sewu di sebelah Timur dan perbukitan menoreh di sebelah Barat. Berwisata di deretan pantai Selatan Yogyakarta dan wisata - wisata yang berada di kaki gunung merapi merupakan hal yang wajar, wisata di Gunung Sewu sejak tahun 2010 sudah semakin banyak dan akhir - akhir ini Prbukitan Menoreh sudah mulai dijamah oleh para wisatawan.

Wisata alam yang disajikan di Perbukitan Menoreh sebenarnya tidak kalah dengan wisata yang ada di Gunung Sewu, hanya saja menoreh kalah pamor dan kurang baiknya akses ke menoreh menjadi sebuah hambatan yang menyebabkan menoreh kalah ramai dibanding Gunung Sewu. Akses ke Perbukitan Menoreh Daerah Istimewa Yogyakarta dapat melewati Nanggulan, Wates dan Jalan Alternativ ke Magelang. Di Perbukitan Menoreh sebenarnya kaya dengan wisata religi, sejarah dan alam. 
Wisata religi ada goa kiskendo yang dipergunakan umat nasrani untuk beribadah, kemudian ada langgar agung peninggalan Pangeran Diponegoro (sudah masuk Magelang). Wisata sejarah dimenoreh ada Candi Pringtali, candi Poh - Pohan, goa sriti peninggalan Pangeran Diponegoro, artefak - artefak prasejarah (tatal dan fragmen gigi gajah purba). Sedangkan wisata alam di Perbukitan Menoreh ada Puncak Suroloyo, Perkebunan teh, Air Terjung Watu Joggol, Air Terjun Sidoharjo, Curug Thok (Segambir), Kalibiru, Waduk Sermo, Embung Banjaroya, embung Kleco, Kedung Khayangan dan Puncak Moyeng.

Persawahan di bawah Gunung moyeng

Puncak Moyeng dapat dikatakan sebagai salahsatu wisata alam menoreh yang menyambut wisatawan bila melalui jalur Jalan Godean - Kenteng, Nanggulan. Karena bentuk Perbukitan Menoreh yang memiliki puncak maka banyak sebagaian puncak yang disebut gunung, salahsatunya adalah Gunung Moyeng dengan wisatanya Puncak Moyeng. Dari Puncak Moyeng dapat dilihat Gunung Prahu yang tepat berada di Timur Gunung Moyeng, Gunung Mujil yang berada di Utara Gunung Prahu, teras sering yang berada di Timur Gunung Mujil, Kota Jogja, Gunung Lawu, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Andhong.

Selain memiliki view landscape yang menawan, tempat yang cocok untuk berburu matahari terbit ini juga memiliki sebuah acara gelar seni tahunan yang diadakan di Puncak Gunung Moyeng pada pagi hari. Gelar seni tersebut biasanya diisi dengan tarian dan melikis dengan tujuan agar manusia dapat menghargai alam. Jika ingin mengunjungi Puncak Moyeng dapat melewati Jalan Godean ke arah barat, perempatan kenteng ke Barat kemudian naik Perbukitan Menoreh sampai jalan berkelok dan menanjak, di sebelah kiri jalan sudah ada papan penunjuk arah dengan tulisan "Puncak Moyeng".

Sebuah tips jika ingin ke tempat ini sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua dengan kondisi normal karena mendekati puncak jalannya susah untuk dilalui roda empat.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search