Kamis, 01 Januari 2015

Membu Senja Di Jembatan Krasak

Posted by Unknown On 06.40 No comments
View sunset dari jembatan krasak

Dolan - dolan edisi khusus memburu 14 sunset akhir tahun 2014 akhirnya sudah sampai pada pemburuan pada sunset ke 14 yaitu pada tanggal 31 Desember 2014. Rasanya perjuangan setiap sore selama 14 hari berturut - turut itu tidak akan terlupakan, dimana banyak cerita, banyak pengalaman, banyak kejadian dan pelajaran dalam 'kehidupan sosial' dapat diperoleh ketika melakukan pemburuan sunset. Tidak lupa juga beberapa teman yang menemani pemburuan sunset ini admin ucapkan terimakasih bro Krisna, mas Yanu, bro Galuh, om Ipung, bro Hamid, bro Agung yang telah menemani sewaktu memburu senja.

Pada pemburuan senja ke 14 ini yang sekaligus merupakan sunset pada akhir tahun 2014 admin ingin memperluas destinasi untuk dolan - dolan yang sebelumnya kebanyakan di dalam wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk merambah ke destinasi - destinasi di daerah Jawa Tengah. Dari Daerah Istimewa Yogyakarta menuju Jawa Tengah ada banyak jalan tetapi ada tiga buah jalan besar yaitu lewat Kulonprogo menuju Purworejo, lewat Sleman menuju Klaten - Solo, lewat Sleman menuju Magelang - Semarang. Oleh sebab itu admin memilih batas propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta - Jawa Tengah sebagai tempat sunset akhir tahun 2014 ini. Jembatan Krasak yang merupakan jalur penghubung Jogja dengan Magelang menjadi pilihan admin untuk memburu senja dan sekaligus untuk menjebatani dari tahun 2014 ke 2015.

Susana lalu lintas di jembatan krasak menjelang malam pergantian tahun 2015

Jembatan kali krasak dikenal sebagai batas propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah karena letaknya yang tepat berada di atas kali krasak. Berdasarkan ilmu geografi, batas suatu wilayah dapat ditentukan dengan keberadaan kenampakan alam seperti sungai. Tetapi jika melihat gapura batas propinsi jembatan ini masih masuk ke daerah Daerah Istimewa Yogyakarta karena posisi gapura tersebut berada di sebelah Utara sungai. Tetapi entah bagaimana sebeltulnya batas wilayah ini, yang jelas warga di sekitar sini hidup saling membutuhkan baik yang berada di Selatan maupun Utara kali krasak dengan potensi yang dimiliki masing - masing, di sebelah Utara jembatan terdapat pom bensin yang pastinya dibutuhkan setiap orang untuk mengisi bahan bakar kendaraannya, sedangkan di Selatan sungai terdapat pasar yang dagangannya dibutuhkan setiap orang untuk mengisi perut, jadi tidak perlu dibahas lebih lanjuut mengenai dimana batas tepatnya.

Aktivitas warga memancing di Kali Krasak

Kali Krasak ini dapat dikatakan sebagai salahsatu sumber kehidupan karena alirannya yang langsung dari Gunung Merapi maka kali ini membawa material alam yang melimpah sehingga ada aktivitas pertambangan baik itu pertambangan pasir untuk dijual di pengepul maupun untuk membuat profil rumah. Selain itu potensi biota sungainya juga dapat dimanfaatkan untuk konsumsi pribadi warga dengan cara memancing. Potensi sejarah juga dimiliki di kali krasak ini dengan masih adanya bekas jalur kereta api yang masih kokoh walaupun sudah berkarat yang berdiri di atas sungai yang sewaktu - waktu dapat menjadi aliran lahar dingin.

Terimakasih kepada teman - teman yang sudah menemani, mensupport dan selalu menyimak edisi khusus dolan - dolan memburu 14 sunset akhir tahun 2014 ini, mohon maaf bila ada kesalahan dalam memberikan informasi dan selamat tahun baru 2015, semoga di tahun ini kita semua menjadi lebih baik daripada tahun sebelumnya. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search