Kamis, 15 Januari 2015

Komet Lovejoy (?) yang terlihat pada pukul 19.01 WIB

Beberapa hari yang lalu ada ajakan dari teman admin untuk memburu foto komet Lovejoy yang kabarnya akan terlihat selama satu minggu ini. Akhirnya admin mencoba mencari infonya di media online kompas.com, menurut kompas.com komet C/2011 W3 dapat dilihat dengan mata telanjang di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke setelah matahari terbenam. Posisinya berada pada rasi bintang Taurus atau dapat melihat arah Utara kemudian mendangakkan kepala keatas, diposisi itulah komet C/2011 W3 akan terlihat. Komet C/2011 W3 memiliki ciri berwarna hijau di bandingkan benda - benda angkasa lainnya. Komet ini ditemukan oleh astronom bernama Terry Lovejoy sehingga diberi nama Lovejoy.

Komet Lovejoy (?) yang terlihat pada pukul 19.24 WIB

Akhirnya admin berencana memotret komet pada Hari Rabu, 14 Januari 2015, tetapi sejak siang cuaca kurang begitu mendukung. Sekitar pukul 18.00 WIB cuaca tiba - tiba menjadi cerah dan bintang terlihat dengan cerah, karena dirasa tidak ada waktu yang mencukupi untuk mencari spot maka admin memilih halaman samping rumah admin sebagai spot untuk memburu Komet Lovejoy, walaupun bias lampu kota masih nampak tetapi lumayan bagus untuk melihat bintang.

Agar tidak sia - sia jika hasilnya tidak mendapatkan Komet Lovejoy, maka admin sekalian membuat time lapse saja dan hasilnya tinggal dipilih satu - satu apakah ada komet lovejoy yang tercapture atau tidak. Ternyata hasil dari dua jam memotret ada dua buah pergerakan benda angkasa yang tercapture, keduanya dari Selatan ke Utara. Tetapi yang admin lihat dengan mata telanjang adalah foto yang admin peroleh pada pukul 19.24 WIB yang waktu itu berwarna hijau agak kuning, semoga saja itu beneran Komet Lovejoy dan bukan bintang jatuh.

Sebuah tips untuk memburu pergerakan benda angkasa : gunakan tripot, shutter relase (remote shutter) kemudian aturlah long exposure. Ketika benda langit yang bergerak terlihat dengan mata langsung tekan shutter relase sehingga moment tidak akan hilang dan dapat memperkesil hasil foto yang shake.
 
Time lapse memburu komet lovejoy :
 

0 komentar:

Posting Komentar

Site search