Jumat, 23 Januari 2015

Menikmati Pagi Di Njurug Ngajong

Posted by Unknown On 00.00 No comments
Puncak Njurug Ngajong

Setelah sebelumnya melakukan eksplorasi foto di daerah Menoreh seputaran Naggulan, rasanya belum imbang jika kekayaan di Gunung Sewu juga tidak di eksplorasi. Jika sebelumnya admin ke Bukit Bintang Pathuk, maka eksplorasi foto di Gunung Sewu kali ini masih berada di dekat gapura selamat datang di Kabupaten Gunungkidul yang berada di Pathuk tepatnya di seputaran Gunung Api Purba Nglanggeran. Sebuah kawasan geokarst yang saat ini semakin mendunia dan semakin banyak atraksi - atraksi wisata yang di kembangkan di tempat ini, setelah mengembangkan kebun bunga matahari dan embung, sekarang akan dikembangkan juga sebuah air terjun yang rencananya diberi nama Air Terjun Talang Purba.

Menurut informasi yang didapat admin, Air Terjun Talang Purba berada di sebelah Barat Daya Gunung Api Purba Nglanggeran dan terletak di bawah bukit. Melihat hasil foto beberapa teman yang sudah ke lokasi membuat admin semakin tertarik untuk dolan ke tempat itu. Dengan air yang cukup deras dan berteras - teras kemudian persawahan di sebelah kiri air terjun rasanya semakin membuat suasana dilokasi semakin terlihat segar. Akhirnya admin putuskan untuk mengeksplorasi foto ke sana, tetapi sebelumnya admin janjian dengan seorang teman admin untuk ke Air Terjun Talang Purba pada pagi hari.

View Njurug Ngajong

Hari yang direncanakan akhirnya tiba, sekitar pukul 06.30 WIB admin sudah sampai daerah Nglanggeran. Sambil menunggu teman, admin bertanya kepada warga sekitar mengenai lokasi dan arah menuju Air Terjun Talang Purba. Rute menuju tempat itupun sudah didapat admin, kemudian ada sebuah info dari warga sekitar mengenai air terjun lain yang berada disana di daerah Ngajong tetapi warga sekitar lebih akrab menyebut air terjun tersebut Njurug. Akhirnya Njurug Ngajong menjadi destinasi pertama admin, hanya berbekal arahan dari warga dan belum tahu bagaimana keadaan Njurug akhirnya admin sampai juga di tempat yang dimaksudkan oleh warga.

Setelah menitipkan kendaraan pada warga, teman admin bertanya jalan menuju njurug. Ternyata lokasinya berada di sebuah lembah kecil dengan persawahan di kanan - kirinya, banyak pematang sawah yang berteras - teras tinggi sekitar 2 meter sehingga harus sangat berhati - hati ketika melewatinya agar tidak terjatuh karena dibawahnya tidak sepenuhnya tanah tetapi ada sebagain yang merupakan batu.

Semakin mendekati lokasi, suara gemercik air terjun semakin keras dan pematang sawah semakin menyempit dan kondisinya sangatlah gembur karena disitulah tempat air dari aliran sungai di alirkan kesawah. Rute terakhir yang harus dilalui adalah menuruni pematang sawah yang tingginya 2 meter, dengan berpegangan pada bebatuan yang sengaja disusun akhirnya sampailah di bawah aliran Njurug Ngajong.

Belalang Di Njurug Ngajong

Setelah sampai di Njurug rasanya rute pematang sawah setinggi 2 meter sudah terbayar dengan keindahan Njurug Ngajong. Sebuah air terjun yang cukup tinggi, berteras - teras, pada bagaian puncaknya terdapat sebuah batu lancip keatas yang berada di tengah aliran seperti membelah aliran menjadi dua kemudian bertemu kembali pada pagaian bawahnya. Pohon kelapa yang berada di kanan kiri air terjun juga menambah keasrian air terjun ini.

Sebuah bonus yang didapatkan di tempat ini adalah posisi air terjun menghadap ke arah Barat sehingga ketika matahari terlihat dari air terjun ini semakin memeperindah air terjun karena terlihat flarenya dari balik pepohonan. Di tempat ini juga terdapat sebuah serangga yang unik yaitu sebuah belalang berwarna hitam dengan corak garis - garis berwarna kuning. Tiba - tiba terlihat seorang petani yang berada di dekat puncak air terjun sedang memandangi kami, tetapi beliau berada di atas dan jalan menuju keatas sepertinya agak licin karena waktu itu masih pagi sehingga admin tidak bisa menyapa petani tersebut sambil sedikit bertanya mengenai Njurug Ngajong.

Keindahaan Njurug Ngajong membuat admin lupa kalau tujuan utamanya adalah ke Air Terjun talang Purba, akhirnya setelah sekitar satu jaman berada di tempat ini admin melanjutkan perjalanan untuk menuju Air Terjun Talang Purba. Sebuah tips jika ingin ke Njurug Ngajong, pergunakanlah alas kaki yang tidak licin atau malah lepas saja alas kaki ketika tracking menuju njurug.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search