Jumat, 30 Januari 2015

View Air Terjun Jomboran dari atas

Sedikit flash back dari posting sebelumnya sewaktu berada di Curug Ngajong yang awalnya adalah mau mencari dimana letak Air Terjun Talang Purba Nglanggeran. Waktu itu admin mendapatkan info mengenai letak Air terjun Talang Purba tetapi admin juga mendapatkan tambahan informasi mengenai keberadaan Curug Ngajong / Njurug. Kemudian admin menuju Njurug Ngajong hingga matahari terbit, setelah matahari muncul akhirnya admin melanjutkan penelusuran menuju Air Terjun Talang Purba.
 
Setelah bertanya kepada beberapa orang, admin mendapatkan info tambahan lagi kalau ada Air Terjun Jomboran dan Air Tejun Dung Pandang. Menurut warga yang memberikan informasi kepada admin, Air Terjun Talang Purba itu adalah Air Terjun Dung Pandang yang beberapa hari sebelumnya sudah ada beberapa orang yang juga melakukan eksplorasi foto di Air Terjun Talang Purba. Tetapi berdasarkan jalurnya, admin melewati Air Terjun Jomboran dahulu baru Air Terjun Dung Pandang, akhirnya admin memutuskan untuk mampir ke Air Terjun Jomboran dahulu biar sekali jalan.

Jalan setapak menuju Air Terjun Jomboran

Sewaktu admin melewati pertigaan yang masih dapat dilalui dengan kendaraan bermotor, admin mendengar suara air yang biasanya itu adalah suara air terjun. Pilihan jalan hanya ada dua, kekanan dengan jalan tanah yang semakin menurun atau kekiri disuara air terjun tersebut. Akhirnya admin berdiskusi sebentar dengan teman admin dan hasilnya suara gemercik air terjun tersebut adalah suara air dari Njurug Ngajong dan baru tersadar kalau posisi admin pada waktu itu berada di Utara njurug sedangkan sebelumnya admin ke Njurug Ngajong dari sebelah Selatan njurug.

Setelah memutuskan untuk ambil jalan kekanan akhirnya ada rumah terakhir yang dapat dijumpai sekaligus menjadi tempat bertanya dimana keberada Air Terjun Talang Purba. Si pemilik rumah menyebutkan jalan menuju Air Terjun Talang Purba menyusuri jalan setapak tetapi harus berjalan kaki. Akhirnya admin turun dari kendaraan dan berjalan kaki menuju Air Terjun Talang Purba.

Jalan menuju Air Terjun Talang Purba tidak berbeda jauh dengan jalan menuju Njurug Ngajong yang terletak pada aliran sungai yang sama. Jika jalan menuju Njurug Ngajong dari sebelah Selatan berupa pematang sawah setinggi 2 meter, jalan menuju Air Terjun Talang Purba merupakan jalan setapak yang juga sekaligus menjadi parit kecil karena jalan setapak tersebut juga merupakan aliran air parit tetapi jernih.

Landscape di sekitar Air Terjun Jomboran

Ditengah perjalanan admin melihat ada aliran sungai yang menarik, aliran tersebut sedikit berkelok - kelok dan turun sedikit berundak. Selain itu ada aliran sungai yang membelah menjadi dua dan tengahnya terdapat sawah yang ditanami padi, pokoknya luar biasa bagusnya tempat tersebut. Akhirnya admin berhenti sejenak untuk mengabadikan keindahan alam tersebut. Selain itu ada juga bebatuan alam yang berukuran sangat besar yang semakin menambah keindahan tempat itu.

Ketika sedang mengabadikan keindahan alam disana, ada beberapa petani yang lewat dan bertegursapa dengan admin. Dan informasi dari bapak dan para ibu petani tersebut tempat itu bernama Air Terjun Jomboran dan merupakan salahsatu air terjun yang bagus ditempat itu. Selain itu admin juga mendapat informasi mengenai Air Terjun Dung Pandang atau yang menurut warga yang admin temui sebelumnya adalah Air Terjun Talang Purna, menurut pak tani Air Terjun Dung Pandang itu masih berada jauh dari Air Terjun Jomboran dan jalannya harus muterin bukit. Dan melihat jam yang sudah menunjukkan pukul 10.00 WIb akhirnya admin memutuskan untuk pulang dan lain waktu kembali ketempat itu menuju Air Terjung Dung Pandang.

Walaupun belum jadi ke Air Terjun Talang Purba, tapi admin tidak kecewa karena di tempat itu menyajikan berbagai keindahan alam yang sangat sayang untuk dilewatkan. Sedikit tips jika ingin ke Air Terjun Jomboran pergunakanlah kendaraan roda dua, jangan lupa pergunakan alas kaki yang tidak licin atau melepas alas kaki akan lebih aman.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search