Selasa, 06 Januari 2015

Rame - Rame Nyore Di Candi Ijo

Posted by Unknown On 08.20 No comments
Silhouette aktivitas senja di Candi Ijo

Waktu yang tepat untuk bersantai bersama keluarga, sahabat dan teman adalah ketika sore hari tiba, apalagi jika cuaca cerah akan menambah hangatnya suasana ketika menikmati sore hari. Di Daerah Istimewa Yogyakarta ada salahsatu tempat yang tepat untuk menikmati sore hari sambil mengenal sejarah bangsa, melihat sunset, melihat lampu kota, melihat perbukitan menoreh, Gunung Sumbing dan Gunung Merapi. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Jogja, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota. Namanya adalah candi Ijo, sebuah candi Hindu yang terletak di bukit ijo.

Candi yang mendapat predikat candi dengan letak tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki 11 tingkatan halaman candi, tetapi yang paling sering dikunjungi para wisatawan adalah tingkat ke 11 yang memiliki sebuah candi utama dan tiga buah candi perwara. Padahal pada dua tingkat di bawahnya juga terdapat beberapa reruntuhan dan sebuah candi yang sudah berhasil direkonstruksi.

Pengunjung di sudut Candi Ijo

Rute untuk menuju candi ini cukup mudah untuk diketahui, dari pasar prambanan ambil arah wonosari, kemudian belok kiri di pertigaan telkom piyungan - prambanan, kemudian belok kanan pada perempatan candi banyunibo, kemudian ambil kiri pada pertigaan pertama kemudian ambil kiri lagi pada pertigaan kedua kemudian ikuti jalan utama. Jika jalan yang dilewati berupa jalan tanjakan dan aspalan rusak berarti jalan yang dilewati sudah betul.
 
Pengelolaan Candi Ijo sepertinya cukup bagus dengan sudah adanya dua tempat penitipan kendaraan yang berada di luar kompleks candi. Selain itu promosi yang dahulu dilakukan secara gencar di media sosial dengan foto - foto sunset di candi Ijo juga berhasil menarik minat para wisatawan lokal maupun luar daerah. Dapat dibandingkan pada akhir tahun 2013 ketika senja di tempat ini dapat dikatakan seperti menikmati senja di tengah hutan tetapi pada awal 2015 ini ketika senja di tempat ini ramainya sudah seperti macetnya jalanan di dalam Kota Jogja.

Bebarengan melihat senja

Walaupun dari berbagai daerah, hampir seratus persen wisatawan yang mengunjungi tempat ini bertujuan mengabadikan sunset. Bermacam alat yang dipergunakan wisatawan untuk mengabadikannya, ada yang mempergunakan dslr, slr dan smart phone yang tentunya sudah satu paket dengan tongsis untuk selfie. Untuki masuk ke Candi Ijo pengunjung diwajibkan mengisi buku tamu dipos satpam dan tidak dimintai uang sepeserpun. Karena pada tahun 2014 sudah dikeluarkan peraturan masuk candi seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta biayanya GRATIS.

Pukul 18.00 WIB sudah berlalu, matahari yang berwarna kuning dan berbentuk bulat sudah bersembunyi dan akan menampakkan diri pada esok hari. Peluit penjaga keamanan di candi Ijo juga sudah dibunyikan yang berarti jam kunjung di Candi Ijo sudah bais dan para wisatawan harus segera meninggalkan Candi Ijo karena hari sudah mulai gelap.

Sedikit tips jika ingin berkunjung ke Candi Ijo : pergunkanlah kendaraan yang 'sehat' dan jangan lupa perhatikan tekanan angin pada ban serta rem pada kendaraan.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search