Jumat, 24 April 2015

Grojogan dan jembatan pegat

Musim kemarau yang tak kunjung datang membuat debet air pada air terjun tetap terjaga banyaknya sehingga alirannya tetap deras. Hal ini menginspirasi admin untuk dolan dolan ke salahsatu air terjun yang sudah sangat terkenal sejak dahulu yaitu Grojogan Sewu yang berada di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sebuah air terjun yang terletak di lereng Barat Gunung Lawu dengan tinggi air terjun sekitar 80 meter. Pada dinding tebing sebelah kanan dan kiri air terjun terdapat bentukan batu alam yang menurut admin sangat keren, bentuknya bisa seperti bergaris - garis dari atas kebawah kemudian berprisma - prisma pada bagaian bawahnya. Pada bagaian yang bergaris ke bawah batu dasarnya masih terlihat jelas, tetapi pada bagaian yang seperti prisma ditumbuhi lumut sehingga menjadikan perpaduan warna yang keren antara kuning kecoklatan dan hijau.

Dibalik keindahannya, ternyata Grojogan Sewu memiliki mitos yang sangat mengancam bagi pasangan muda - mudi yang masih pacaran. Di lingkungan masyarakat sekitar beredar mitos jika ada pasangan yang belum resmi menikah melewati jembatan yang menghubungkan sisi kanan dan sisi kiri daratan yang dipisahkan aliran sungai dari grojogan, katanya pasangan tersebut bakalan putus sehingga jembatan tersebut disebut jembatan pegat yang berarti putus. Tetapi karena ini adalah sebuah mityos maka boleh mempercayai boleh tidak. Di dekat jembatan pegat sudah disediakan jembatan lain dari anyaman bambu yang kuat, disediakan khusus bagi yang mempercayai mitosnya supaya tidak putus kemudian mengakibatkan kegalauan tingkat dewa.

Pengunjung grojogan sewu

Mari move on dari jembatan pegat karena di sepanjang aliran sungai Grojogan Sewu masih banyak air terjun lainnya namun tidak setinggi Grogan Sewu, air terjun kecil tersebut dapat kita pergunakan untuk bermain air dengan aman. Namun tidak sedikit pengunjung yang memilih bermain air di dekat air terjun utama karena debit airnya yang lebih melimpah. Air gunung yang dingin juga memberika sensasi kesegaran tersendiri. Bebatuan besar yang berada di aliran sungai juga membuat bendungan secara alami.

Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini juga sudah cukup baik yang meliputi tempat makan, kolam renang, toilet, tempat ibadah (mushola) dan tentunya tempat jualan cindera mata. Selain wisata air terjun / grojogan, di tempat ini juga memiliki hutan lindung yang disana masih terdapat binatangnya. Tetapi hal yang paling menarik di tempat ini adalah ketika pulang, pada anak tangga paling terakhir pengungunjung akan diberikan ucapan "SELAMAT ANDA TELAH TURUN DAN MENAIKI 1.250 ANAK TANGGA SEMOGA TAMBAH SEHAT DAN SUKSES" Amin. Itulah hal yang sebenarnya paling berkesan ketika dolan dolan ke Grojogan Sewu Tawangmangu. Itulah sedikit cerita yang dapat admin sharing ketika mengunjungi Grojogan Sewu, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penyebutan tempat, tetap semangat #dolandolan dan jangan lupa #selfie.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search