Minggu, 26 Juli 2015

Selfie yang ngehits

Selfie adalah sebuah istilah yang ngetrend saat ini atau dalam media sosial disebut kekinian. Sebenarnya selfie sudah ada sebelum tahun 2000, tetapi fenomena selfie menjadi kekinian di Indonesia setelah ada fitur kamera pada ponsel. Awalnya di Indonesia selfie banyak dilakukan oleh kaum hawa dengan membuat foto diri dengan angel dari atas, terkadang bibirnya ada yang dimaju-majuin. Tetapi pada waktu yang lebih muda selfie dengan cara seperti itu menjadi bahan bully di media sosial dengan sebutan foto alay. Ada orang yang berhenti membuat foto alay setelah mendapat bully tetapi ada juga yang masih bertahan sampai saat ini.
 
Fenomena selfie pada akhir-akhir ini muncul kembali dengan dukungan tehnologi kamera hand phone yang semakin canggih. Jika pada tahun 2008 hand phone sudah memiliki kamera depan untuk keperluan video call, maka tahun 2013 hand phone atau telepon selular muncul dengan kamera depan untuk keperluan foto selfie. Awalnya kamera depan pada hand phone hanya beresolusi kecil dan terlalu sempit untuk ukuran framenya. Maka muncullah sebuah aksesoris yang diberi nama tongsis atau tongkat narsis. Kemunculan tongsis di Indonesia sudah ada sejak pertengahan tahun 2013 yang di distribusikan secara online oleh kakak beradik kelahiran negara matahari terbit yang sekarang berdomisili di Jakarta.

Tetapi karena semakin hari hand phone semakin canggih maka kamera depan pada ponsel memiliki resolusi yang tinggi bahkan memiliki ukuran yang lebar pada tiap framenya / wide lens. Kemajuan teknologi pada kamera depan hand phone tidak main-main, pada awal 2014 muncul hand phone dengan kamera depan yang didukung dengan fitur flash untuk mendukung kegiatan selfie di malam hari. Kemudian hasil dari foto-foto selfie biasanya diunggah pada akun media sosial si pelaku selfie dan menjadikan orang yang melihatnya ingin dolan ke tempat dimana mereka melakukan selfie.
 
Efeknya positifnya bisa mengangkat tempat tersebut sehingga dapat meningkatkan ekonomi warga setempat yang daerahnya dipergunakan untuk selfie. Selain itu juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Sedangkan efek negatifnya jika pengelola belum siap yang terjadi adalah kerusakan lingkungan pada tempat selfie tersebut karena ulah pengunjung yang ringan tangan, ringan tangan disini adalah membuang sampah sembarangan.

Gapura top selfie

Di Kragilan,Pogalan, Pakis, Kabupaten Magelang terdapat sebuah tempat wisata yang ngehits karena foto selfienya yang di upload di media sosial. Sebuah tempat yang berada tidak jauh dari Ketep Pass, namanya adalah "Top Selfie". Sebuah tulisan pada gapura sederhana yang cukup membuat admin kaget ketika memasuki kawasan wisata tersebut.

Rute menuju wisata Top Selfie dapat melewati Ketep Pass naik ke arah Utara terus atau ke arah Kopeng. Di sebuah tikungan dan jalan turunan ada sebuah corblok yang diatasnya terdapat gapuran bertuliskan "Top Selfie Pinusan Kragilan" kemudian masuk mengikuti jalan corblok. Di dekat gapura juga sudah ada pengelola yang membantu mengatur lalu lintas keluar masuk pengunjung.

Tempat parkir yang luas

Setelah memasuki gapura sedrhana Top Selfie, ada retribusi parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil. Setelah melewati retribusi parkir akan ada banyak orang yang berfoto ataupun duduk di tengah jalan. Diujungnya sudah disediakan tempat-tempat parkir yang sangat luas sampai ke tengah hutan pinus. Pengelola juga sudah membatu untuk mengatur penataan kenadaraan dan lalu lintas keluar masuknya kendaraan karena setiap waktu selalu ada kendaraan masuk dan kendaraan keluar.
 
Flare matahari di hutan pinus

Karena wisatanya adalah hutan pimus tentunya ada banyak pohon pinus. Dalam fotografi yang menarik didalam hutan adalah flare matahari yang dapat terlihat dari sela-sela ranting pohon. Tetapi sayanganya flare tersebut tidak bisa admin dapatkan tepat di atas hutan karena wkatu itu hari sudah mulai sore dan matahari sudah mulai condong ke arah Barat.

Dua sejoli

Dimanapun yang dinamakan tempat wisata biasanya digunakan untuk mempererat hubungan antar dua anak manusia atau pacaran. Disepanjang jalan pinusan kragilan, banyak dijumpai pasangan muda-mudi yang sedang duduk berduaan, jalan-jalan. Tetapi tidak sedikit juga yang berwisata ke pinusan kragilan bersama keluarga lengkap. Intinya berwisata untuk merefresh kembali pikiran setelah melakukan rutinitasnya.

Itulah sedikiit cerita dari Top Selfie Pinusan Kragilan yang dapat admin bagikan kepada konco dolan. Mohon maaf jika terjadi kesalahan dalam penulisan tempat. Jangan pernah bangga dolan sampai luar negeri jika tidak mengenal Indonesia, tetap semangat #dolandolan jangan lupa #selfie dan #jangannyampah

4 komentar:

Site search