Jumat, 30 Desember 2016

Foto pesta kembang api dari tahun 2012 sampai 2016
 
Tidak terasa tahun 2016 akan berakhir kemudian berganti menjadi tahun 2017, banyak cara untuk merayakan pergantian tahun ini. Ada yang merenung melakukan kilas balik apa saja hal baik dan buruk yang sudah dikerjakan selama tahun 2016 ini, sehingga tahun 2017 tahu apa yang harus ditingkatkan dan tahu apa yang harus ditinggalkan. Ada juga yang berpesta secara meriah. Ada yang menanggapinya biasa seperti malam-malam pada umumnya. Ada juga yang keluar rumah untuk sekedar melihat suasa malam pergatian tahun.

Malam pergantian tahun Masehi selalu identik dengan pesta kembang api, jadi tepat pukul 00.00 diberbagai tempat publik kompak menyalakan kembang api. Di saat ini tentunya banyak sekali tempat yang menawarkan kemeriahan pesta kembang apinya. Oleh sebab itu, admin ingin sharing 7 tempat yang asik untuk menikmati pesta kembang api versi #dolandolan semoga dapat menginspirasi bagi konco dolan yang ingin menikmati pesta kembang api malam ini.
 
Tugu Jogja/Tugu Pal Putih
 
 1. Kawasan Tugu Jogja/Tugu Pal Putih
Tugu Jogja adalah salah satu tempat nongkrong dan foto-foto di Jogja yang tidak pernah sepi, setiap malam selalui ramai bahkan sampai mengganggu lalu lintas. Setiap malam pergantian tahun, tempat ini biasanya terdapat pesta kembang api dadakan. Tidak ada orang yang mengkoordinir pesta kembang apinya, tetapi para pengunjung yang datang disaat malam tahun baru banyak yang membawa kembang api. Jadi, Tugu Jogja merupakan tempat pertama yang admin rekomendasikan untuk menikmati malam pergantian tahun. Jika ingin menikmati malam pergantian tahun di sini, jangan sampai mengganggu lalu lintas ya, biasanya pukul 23.30 WIB jalan mulai ditutup, kurang tahu untuk tahun ini.

Jembatan Kewek/Kleringan
 
 2. Jembatan Kewek/Kleringan
Jembatan kewek adalah satu tempat di Kota Baru yang selalu dilalui jika akan menuju Malioboro atau Jalan Mataram. Biasanya, eman-teman fotografer memotret dari pinggir jalur kereta jadi harus hati-hati dan tetap perhatikan keselamatan. Tempat ini cukup bagus untuk menikmati pesta kembang api karena dapat dibilang agak tinggi sehingga viewnya tidak tertutup bangunan atau pepohonan. Jadi, Jembatan Kewek merupakan tempat kedua yang direkomdasikan oleh admin untuk menikmati malam pergantian tahun.

Embung Kebun Buah Nglanggeran

3. Embung Kebun Buah Nglanggeran
Embung Kebun Buah Nglanggeran menjadi rekomendasi ketiga oleh admin karena dari tempat ini kita dapat menikmati 3 titik sumber pesta kembang api. Malam pergantian tahun baru 2014 dahulu pernah diadakan pesta kembang api dari embung, tetapi tidak tahu untuk tahun ini. Tetapi biasanya ada pengunjung yang membawa kembang api sendiri dan menyalakannya dari pinggir embung, selain itu para pendaki yang berada di puncak Gunung Api Purba Nglanggeran juga tidak sedikit yang menyalakan kembang api dari puncak. Terakhir, dari embung dapat melihat kemeriahan pesta kembang api di Kota, hanya saja untuk mengabadikannya harus menggunakan lensa tele. Sebuah acara yang jelas akan diadakan di embung Nglanggeran di malam pergantian tahun 2017 adalah organ tungal dan kesenian lokal.

Spot Riyadi Prambanan
 
 4. Spot Riyadi
Spot Riyadi adalah sebuah tempat di Dusun Pereng yang semakin hits, dari tempat ini kita dapat melihat kemegahan Candi Prambanan, Candi Sewu, dan Candi Plaosan dari ketingian. Spor Riyadi menjadi rekomendasi keempat oleh admin untuk menikmati malam pergantian tahun karena lokasinya yang tinggi dan ada sebuah ikon yang menarik untuk digambar. Kekurang menikmati malam pergantian tahun dari Spot Riyadi adalah selang 2 menit setelah kembang api dinyalakan, yang terlihat hanyalah asap bekas pembakaran kembang api. Jadi, manfaatkanlah moment sebaik mungkin jika akan menggambar dari tempat ini.

Punthuk Stumbu Magelang
 
 5. Punthuk Stumbu
Punthuk Stumbu adalah sebuah tempat sunrise yang sudah terkenal sejak tahun 2010, kemudian semakin terkenal ketika memasuki tahun 2012 diiringi oleh penambahan fasililas yang memudahkan akses pengunjung. Punthuk Stumbu menjadi tempat kelima yang admin rekomendasikan untuk menikmati malam pergantian tahun, hal ini karena dari Stumbu kita dapat melihat Candi Borobudur yang ikonik, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu (jika cerah). Lokasinya yang tinggi akan menampilkan ratusan bahkan ribuan titik perta kembang api, tetapi terlihat sangat kecil. Di setiap malam pergantian taun biasanya juga ada konser di Candi Borobudur sehingga ada lampu sorot yang menyinari candi, selain itu ada juga penerbangan lampion seperti di saat perayaan Hari Raya Waisak. Tetapi jika berkabut, semua keindahan itu tidak dapat terlihat, selain itu selang 2 menit setelah penyalaan kembang api, asap pembakaran kembang api akan cukup banyak dan menghalangi pandangan. Disetiap malam pergantian tahun juga terdapat doa bersama oleh warga setempat di Punthuk Stumbu. Jadi bisa dapat foto selain kembang api.

BukitParalayang, Parangndog

6. Bukit Paralayang/Parangndog
Bukit Paralayang, parangndog yang biasanya dipergunakan ketika acara Jogja air Show cukup menarik untuk menikmati pesta kembang api. Dari Tempat ini kita bisa melihat kemeriahan pesta kembang api di tepi pantai parangtritis. Admin belum pernah melihatnya secara langsung, tetapi berdasarkan hasil sharing bersama teman-teman, di tempat ini terkadang berkabut dan jika ingin memotret harus menggunakan lensa tele. Oleh sebab itu, admin rekomendasikan menjadi nomor 6.

Nol KM Jogja
 
 7. Nol KM Jogja
Nol KM Jogja atau Titik Nol Jogja merupakan tempat nongkrong yang selalu ramai dari sore hingga malam hari. Tempat ini dapat dibilang tidak pernah sepi dari keramaian. Admin belum belum pernah mengambar pesta kembang api dari lokasi ini dan belum pernah mendapatkan teman sharing mengenai pesta kembang api di tempat ini. Dulu pernah ada teman yang sharing tetapi sewaktu di Malioboro, cukup banyak kembang api tetapi waktu itu agak sesak dan tidak bisa bergerak. Jika ingin menikmati malam pergantian tahun di tempat ini harus persiapan ya karena kabarnya akan ada penutupan jalan di kawasan Malioboro mulai pukul 17.00 WIB, entah benar atau tidak semoga dapat bermanfaat.

Itulah 7 tempat versi #dolandolan yang dapat digunakan untuk menikmati pesta kembang api malam pergantian tahun. Tentunya masih banyak tempat lain yang tidak kalah menarik, tetapi admin belum bisa bercerita banyak jadi tidak admin masukkan. Semoga posting kali ini dapat bermanfaat dan dapat menginspirasi. Mohon maaf jika terdapat salah kata atau penyebutan dalam tulisan ini. Selamat Tahun Baru 2017, tinggalkan hal buruk perbanyak hal baik. Tetap semngat #dolandolan dan #jangannyampah 

0 komentar:

Posting Komentar

Site search